Penyelenggaraan kegiatan di Dinas Perhubungan pada Tahun Anggaran 2023 merupakan Tahun Ke-5 dari Rencana Strategis Dinas Perhubungan Tahun 2019-2023. Keberhasilan yang dicapai berkat kerja sama dan partisipasi semua pihak dan diharapkan dapat dipertahankan serta ditingkatkan.

Sementara itu, untuk target-target yang belum tercapai perlu diantisipasi dan didukung oleh berbagai pihak.

Hasil laporan kinerja Dinas Perhubungan Tahun 2023 dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Indikator kinerja utama Persentase Penurunan Angka Kecelakaan dari sasaran Menurunya Jumlah Kecelakaan Kendaraan Bermotor telah memenuhi target yang ditetapkan.

2. Indikator Kinerja utama Nilai AKIP dari sasaran Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja dan Keuangan Perangat Daerah tidak memenuhi target yang ditetapkan dan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

3. Tiga (3) Indikator Program yang mendukung indikator kinerja utama telah memenuhi target dari yang ditetapkan.


Langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dapat dirumuskan Rencana Tindak Lanjut sebagai berikut:

a. Meningkatkan pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan jalan serta pengawasan dan pengendalian sarana dan prasarana lalu lintas;

b. Melaksanakan sosialisasi/penyuluhan tertib lalu lintas kepada masyarakat;

c. Melaksanakan pembinaan melalui kegiatan pemeriksaan kendaraan di jalan bekerja sama dengan Polres Batu Bara;

d. Pengadaan dan pemasangan fasilitas keselamatan lalu lintas (Rambu, Marka, Deliniator) dan fasilitas pendukung keselamatan lalu lintas berupa lampu penerangan jalan umum. Koordinasi dengan dinas terkait untuk pelaksanaan perbaikan jalan.